Dikisahkan Al-Manawi dalam
kitab Ad-Durr Al-Mandhud, suatu ketika pada masa pemerintahan Abu Bakar
Ash-Shiddiq, kaum Muslimin dilanda kekeringan. Ketika kesulitan semakin
berat, mereka mendatangi Abu Bakar dan berkata, “Wahai pengganti
Rasulullah Saw, sesungguhnya langit tak lagi menurunkan hujan, bumi tak
menumbuhkan tanaman, orang-orang sudah memperkirakan datangnya
kebinasaan. Lalu apa yang akan engkau perbuat?”
Abu Bakar menjawab, “Pulanglah kalian
dan bersabarlah. Aku berharap kalian tidak sampai sore sehingga Allah
memberikan jalan keluar untuk kalian.”
Di pagi hari mereka menanti-nantikannya.
Ternyata ada seribu onta terikat dengan muatan di atasnya berisi
gandum, minyak dan tepung. Rombongan itu berhenti di pintu rumah Utsman
bin dan dibongkar di rumahnya. Para saudagar berdatangan, Utsman keluar
dan bertanya, “Apa yang kalian inginkan?”
Mereka menjawab, “Engkau mengetahui apa
sebenarnya yang kami inginkan.” Orang-orang itu adalah para saudagar
yang ingin membeli harta Utsman.
“Berapa kalian memberikan laba kepadaku?”
Mereka menjawab, “Dua dirham?”
Utsman menjawab, “Aku telah diberi lebih dari itu.”
Mereka menaikkan tawaran dengan berkata, “Empat dirham.”
“Aku diberikan lebih banyak lagi.”
Mereka penasaran. “Lima dirham.”
“Aku diberikan lebih dari itu.” Utsman kukuh.
Mereka lalu berkata, “Di Madinah tak ada
lagi saudagar selain kami. Lalu siapa gerangan orang yang memberimu
(laba sebesar itu)?”
Utsman menjawab, “Sesungguhnya Allah
memberikan di setiap dirhamnya sepuluh dirham. Apakah kalian mempunyai
tawaran yang lebih dari itu?”
Mereka serentak menjawab, “Tidak.”
“Sekarang aku bersumpah dengan nama
Allah, aku jadikan apa yang dibawa oleh kafilah dagangku ini sebagai
sedekah karena Allah SWT bagi orang-orang fakir dan miskin.”
Pada kesempatan lain, dikisahkan bahwa
Utsman bin Affan mempunyai piutang atas Thalhah bin Ubaidillah sebanyak
50 dirham. Suatu hari Utsman keluar menuju masjid. Thalhah berkata,
“Uangmu telah siap (di rumah), maka ambillah!”
Utsman menjawab, “Sekarang uang itu menjadi milikmu wahai Abu Muhammad, sebagai bantuan atas kebaikan akhlakmu.”
Utsman bin Affan bin Abul Ash lahir dari
keluarga yang kaya dan berpengaruh dari suku Quraisy silsilah Bani
Umayyah. Usianya lebih muda lima tahun dari Rasulullah Saw. Ia
mendapatkan pendidikan yang baik, belajar membaca dan menulis pada usia
dini. Di masa mudanya, ia telah menjadi seorang pedagang yang kaya dan
dermawan. Dua kisah di atas merupakan bukti kedermawanannya.
Utsman berasal dari strata sosial dan
ekonomi tinggi yang pertama-tama memeluk Islam. Ia memiliki kepribadian
yang baik. Bahkan sebelum memeluk Islam, Utsman terkenal dengan
kejujuran dan integritasnya. Rasulullah Saw berkata, “Orang yang
paling penuh kasih sayang dari umatku kepada umatku adalah Abu Bakar,
yang paling gagah berani membela agama Allah adalah Umar, dan yang
paling jujur dalam kerendah-hatiannya adalah Utsman.”
Mengenai sifat rendah hatinya ini, Rasulullah Saw berkata, “Bukankah pantas aku merasa rendah hati terhadap seseorang yang bahkan malaikat pun berendah hati terhadapnya.”
Kepribadian Utsman benar-benar merupakan
gambaran dari akhlak yang baik menurut Islam (akhlakul karimah). Ia
jujur, dermawan, dan baik hati. Rasulullah Saw mencintai Utsman karena
akhlaknya. Mungkin itulah alasan mengapa beliau mengizinkan dua anaknya
untuk menjadi istri Utsman. Yang pertama adalah Ruqayyah. Ia meninggal
setelah Perang Badar.
Rasulullah Saw sangat tersentuh akan
kesedihan yang dialami Utsman sepeninggal Ruqayyah dan menasihatinya
untuk menikahi seorang lagi anak perempuan beliau, Ummu Kultsum. Karena
kehormatan besar dapat menikahi dua anak perempuan Rasulullah, Utsman
terkenal dengan sebutan Dzun Nurain atau Pemilik Dua Cahaya.
Kedermawanan Utsman nampak dalam kehidupannya sehari-hari. Ketika
bencana kekeringan melanda Madinah, kaum Muslimin terpaksa menggunakan
sumur Rum sebagai sumber air satu-satunya. Sayangnya, sumur tersebut
milik Yusuf, seorang Yahudi tua yang serakah. Untuk mengambil air sumur
itu, kaum Muslimin harus membayar mahal dengan harga yang ditetapkan si
Yahudi.Melihat keadaan penduduk Madinah, Utsman segera menemui Yusuf, si pemilik sumur. “Wahai Yusuf, maukah engkau menjual sumur Rum ini kepadaku?” tawar Utsman.
Yahudi tua yang sedang ‘mabuk duit’ itu segera menyambut permintaan Utsman. Dalam benaknya ia berpikir, Utsman adalah orang kaya. Ia pasti mau membeli sumurnya berapa pun harga yang ia minta. Namun di sisi lain ia juga tidak mau kehilangan mata pencahariannya begitu saja. “Aku bersedia menjual sumur ini. Berapa engkau sanggup membayarnya?”
“Sepuluh ribu dirham,” jawab Utsman.
Si Yahudi tua tersenyum sinis. “Sumur ini hanya akan kujual separuhnya. Kalau bersedia, sekarang juga kau bayar 12 ribu dirham, dan sumur kita bagi dua. Sehari untukmu dan sehari untukku, bagaimana?”
Setelah berpikir sejenak, Utsman menjawab, “Baiklah, aku terima tawaranmu.” Setelah membayar seharga yang diinginkan, Utsman menyuruh pelayannya untuk mengumumkan kepada para penduduk, bahwa mereka bebas mengambil air sumur Rum secara gratis.
Sejak itu, penduduk Madinah bebas mengambil air sebanyak mungkin untuk keperluan mereka. Lain halnya dengan si Yahudi tua. Ia kebingungan lantaran tak seorang pun yang membeli airnya. Ketika Utsman datang menemuinya untuk membeli separuh sisa air sumurnya, ia tidak bisa menolak walau dengan harga yang sangat murah sekalipun.
Ketika Perang Tabuk meletus, Utsman menanggung sepertiga biayanya. Seluruh hartanya ia sumbangkan sehingga mencapai 900 ekor onta dan 100 ekor kuda. Belum lagi uang yang jumlahnya ribuan dirham.
Ibnu Abdil Barr berkata, “Utsman dibai’at sebagai khalifah pada Sabtu, 1 Muharram 24 H, tiga hari setelah pemakaman Umar bin Al-Khattab.”
Khalifah sebelumnya, Umar bin Al-Khathab telah menyiapkan sebuah komite yang terdiri dari enam orang sahabat Rasulullah Saw untuk memilih khalifah di antara mereka. Mereka adalah Utsman bin Affan, Ali bin Abi Thalib, Zubair bin Awwam, Thalhah bin Ubaidillah, Abdurrahman bin Auf dan Sa’ad bin Abi Waqqash. Di antara mereka yang dipilih sebagai khalifah yang ketiga adalah Utsman bin Affan.
Enam tahun pertama masa pemerintahan Utsman bin Affan berjalan dengan damai, namun enam tahun sesudahnya terjadi pemberontakan. Sayangnya Utsman tidak dapat menindak tegas para pemberontak ini. Ia selalu berusaha untuk membangun komunikasi yang berlandaskan kasih sayang dan kelapangan hati. Tatkala para pemberontak memaksanya melepaskan jabatan khalifah, ia menolak dengan mengutip perkataan Rasulullah Saw, “Suatu saat nanti mungkin Allah SWT akan memakaikan baju kepadamu, wahai Utsman. Dan jika orang-orang menghendakimu untuk melepaskannya, jangan lepaskan hanya karena orang-orang itu.”
Setelah terjadi pengepungan yang lama, akhirnya pemberontak berhasil memasuki rumah Utsman bin Affan dan membunuhnya. Utsman bin Affan syahid pada hari Jumat, 17 Dzulhijjah 35 H, setelah memerintah selama dua belas tahun sejak 23 H.
Selama masa kekhalifahan Utsman bin Affan, kejayaan Islam terbentang dari Armenia, Kaukasia, Khurasan, Kirman, Sijistan, Cyprus hingga Afrika Utara. Kontribusi Utsman yang paling besar dalam sejarah Islam adalah kompilasi teks asli Al-Qur’an yang lengkap. Banyak salinan Al-Qur’an berdasarkan teks asli juga telah dibuat dan didistribusikan ke seluruh dunia Islam.
Dalam mengerjakan proyek besar ini, Utsman dibantu dan banyak mendapatkan masukan dari Zaid bin Tsabit, Abdullah bin Zubair, Said bin Al-Ash dan Abdurrahman bin Al-Harits. Utsman juga berhasil membentuk administrasi kekhalifahan yang terpusat dan memantapkan penerbitan Al-Qur’an yang resmi.
Pengadilan agama yang semula dilakukan di masjid, oleh Utsman dibangun gedung baru, khusus gedung pengadilan. Ia juga yang mengadakan perluasan Masjid Nabawi dan Masjidil Haram serta membentuk armada laut Islam yang pertama ketika terjadi perang Dzatusawari (perang tiang kapal) yang dipimpin Muawiyah bin Abi Sufyan pada 31 H.
[Sumber: Sejarah Para Khalifah karya Hepi Andi Bastoni]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar